Senin, 19 Mei 2008

TELISIK PENDAHULUAN

Beratnya perjuangan Rasulullah saw dalam menyebarkan agama islam sudah banyak ditulis dalam kitab-kitab sirah. Pada awal kerasulannya, beliau terpaksa melakukan dakwah secara sembunyi dari rumah ke rumah untuk menyampaikan seruan . Dakwah secara gerilya ini terus berlangsung hingga Allah menyuruh untuk memulai dakwah secara terbuka.

Ayat-ayat 214-216 surah Asy-Syu’ara’ diawali dengan perintah kepada Nabi Muhammad saw agar memulai dakwahnya kepada para karib dan keluarga dekatnya.Isi seruannya adalah agar mengakui dan meyakini bahwa Tiada Tuhan Selain Allah dan agar senantiasa patuh menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya .

Dalam sebuah riwayat disebutkan , segera setelah turunnya ayat tersebut, Muhammad saw mengumpulkan keluarganya dari Bani Hasyim dan Bani Muthalib . Kepada mereka ia mengajak beriman kepada Allah swt. Ditengah seruan tersebut Abu Lahab tokoh kafir dan juga sebagai paman Nabi saw berdiri sambil berkata,” celaka kamu Muhammad,hanya untuk ini kamu mengu,pulkan kami ?” Peristiwa ini didokunentasikan dalam surah Al-Lahab.

Kisah diatas menggambarkan betapa berat perjuangan Nabi Muhammad saw, mengajak manusia kejalan kebenaran , bahkan kepada keluarga sendiri.

Tidak ada komentar: